Jenis-jenis sablon

Jenis sablon yang umum di pakai sehari hari

Jika kalian pencinta Kaos, pasti kalian sering melihat gambar sablon sebagai pertimbangan membeli, ukuran bagus tidak lagi berpatokan pada bahan kaos, melainkan sudah mengacu pada gambar yang ada di kaos tersebut, namun apakah kalian memahami jenis cat atau nama sablon yang di pakai pada gambar kao tersebut? … sebagian orang paham jenisnya, sebagian lagi hanya tau ini bagus gambarnya, artikel kali ini kita akan membahas beberapa jenis sablonan, ya lumayan untuk sekedar tau atau menambah pengetahuan.



  • Sablon Rubber

Sablon Ruber biasa juga disebut sablon karet, itu semua karena hasil dari sablonan ini kayak karet elastis lo..  sablon ini banyak sekali yang menggunakan, rata rata kaos di pasaran banyak yang pakai jenis sablonan Ruber ini, sablon jenis ini juga kadang di pakai sebagai cat dasar sebelum cat jenis lain menutupinya..
jenis sablon ini cocok sekali di aplikasikan ke kain yang warnanya gelap, jika ke kain yang putih bagaimana? Ya cocok juga banyak juga jenis sablonan kaos putih yang pakai sablonan jenis ini.. kelibihan sablon ruber adalah keawetannya, sablon ruber cenderung tahan  dan lagi sablon ruber bias disetrika, jika di setrika ngak lengket harga cat sablon ruber juga lebih murah dari yang lainnya… dikatakan murah oleh karena memang agak lebih rendah saja harganya, beti gan, beda tipis.. bedanya ngak jauh jauh amat.. jangan sampai nanti artikel ini mengakibatkan kalian bertanya ke penjual kaos, ini jenis sablonannya apa.. hehehe, dia belum tentu tau kawan.

  • Sablon Pigmen

Pigman adalah jenis cat yang diperuntukkan khusus untuk kain kaos yang warnanya terang saja, jenis cat ini ngak mampu terserap ke serat serat kain, sangat kurang sekali jenis ini, dia ngak bias di pakai atau di aplikasikan ke kain yang warnanya gelap, jika di paksakan, dia akan kehilangan warnanya.. alias tidak muncul tu warna.. jikapun muncul hasilnya sudah pasti jelek
Sablon jenis ini cocok untuk bikin kostum yang sifatnya event, kayak pemilu, acara sehari dan lain lain, biaya sablonnya bisa murah, sebab harga bahannya murah, dan mengerjakannya cepat juga, Soal hasil gimana..? ya bagus juga, ketahanan ya tahan juga, malah mungkin lebih tahan lama, sebab dia mudah menyatu dengan kain, mending di coba aja kawan
demikian penjelasan tentang sablon jenis pigman, bagus di warna terang dan jelek di warna kain gelap.

 

  • Sablon Plastisol

Plastisol itu nama dari jenis sablonan, kenapa di beri nama plastisol.. tanyakan pada pembuatnya atau penemunya gan, hehehe.. jenis cat plastisol itu unsurnya minyak selain disebut plastisol dia juga dinamai PVC, sangat lengket, kekuatan rekatnya tinggi gan, dari itulah jenis ini menjadi jenis sablon yang cukup mahal, kenapa kok mahal ya.. mari kita himpun beberapa kelebihannya..

  • Kebutuhan suhu cat plastisol itu 160 derajat celcius, sehingga perlu alat khusus untuk mengeringkan cat ini
  • Pengerjaannya tidak sembarangan, hanya orang yang berpengalaman saja yang mampu menyablon menggunakan cat plastisol
  • Bauknya sangat menyengat, sehingga ngak banyak tukang sablon yang tahan dengan bau cat plastisol

Itu saja kelebihannya.. lumayan serius ya pembuatan sablon Plastisol, tapi ngak usah kalian pikirkan, sudah ada ahlinya dan alatnya juga sudah canggih, ya walau ngak canggih canggih amat, yang jelas prosesnya ngak serumit yang tertuls di artikel ini…

Sudah cukup 3 saja ya.. saya ngak mau kasi yang lainnya, nanti kalian malah pesan jenis selain 3 ini, yang lain itu ribet dan hasilnya jelek, biaya nya mahal, yang 3 ini sudah sangat bagus dan ngak nyusahin penyablon dan hasilnya mantap jiwa.

Caw…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *