Jenis jenis kain

Dalam dunia fashion sering sekali kita terjebak salah dalam memilih kain, di lokasi atau daerah panas kita malah menggunakan baju atau membeli baju dengan jenis kain yang juga panas atau menangkap panas, hasilnya Dromos ( keringetan ) ngak nyaman bukan ? tentu saja.. tapi bukan berarti kain tersebut tidak bagus, di bagus di tempat sebaiknya dia di pakai atau di fungsikan, untuk itu ada baiknya kita pahami jenis jenis kain tersebut guna untuk penentuan dikala kita membeli pakaian atau membuat pakaian..

  • Katun / Cotton
    Ini adalah kain yang paling umum digunakan, karena memiliki serat yang ringan namun kuat.
    Kelebihan dari kain ini adalah tidak kisut jika dicuci, tidak luntur, tidak berbulu, dapat menyerap keringat dengan baik, serta bahan ini adalah bahan yang mudah untuk disablon.
    Namun kekurangan dari jenis kain ini adalah mudah kusut, gampang berjamur dan bahan ini sedikit kaku.
    kain ini ngak panas.. nyaman dipakai
  • Twiscone
    Bahan ini hampir sama dengan sifon atau hycon, terbuat dari serat buatan dan memiliki karakteristik licin, jatuh dan ringan.
    Kelebihan kain ini adalah tidak musah kusut, kain mengikuti lekuk tbuh karena bahannya yang jatuh, serta tidak mudah berbau.
    Kekurangannya adalah bahan ini tidak dapat menyerap keringat sehingga terasa panas. sangat di anjurkan jika kamu berada di daerah dingin, pakailah kain ini
  • Rayon
    Bahan ini berserat sintetik rayon yang terbuat dari kayu selulosa tinggi.
    Biasanya bahan ini adalah bahan yang jatuh, lembut dan juga memilik daya serap yang cukup baik. daya serap baik tentu tidak akan membuatmu Dromos ( kebanjiran keringat )
  • Spandex
    Bahan ini dikenal dengan nama Lycra, bahan ini bersifat elastis, kuat, dan memiliki ketahanan gosokan yang tinggi.|
    Spandex ini elastis dengan keelastisitasan mencapai 5 kali bahan dasarnya, serta bahan ini baik dalam menyerap keringat.
    Biasanya bahan ini dipakai sebagai bahan untuk baju olahraga.
  • Kain Linen
    Hampir sama seperti kain katun, namun memiliki serat yang lebih kuat.
    Bahan ini memiliki sifat lembut, dingin, dan menyerap keringat.
    Oleh karena itu bahan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai busana casual ataupun gaun. (*)

Demikianlah cerita kita tentang jenis jenis kain, jadi kesimpulannya adalah kain yang baik bukan harus cotton 100% kain yang baik adalah kain yang sesuai dipakai di daerah tersebut bergantung suhu yang ada di daerah tersebut.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *